Senin, 07 Maret 2016

Pentingnya Supply Energi bagi Kegiatan Perindustrian


Berdasarkan informasi dari Kementerian Perindustrian Indonesia (Kemenperin) pemerintah saat ini sedang melaksanakan Master Plan Percepatan dan Perluasaan Pembangunan Indonesia (MP3EI) agar pembangunan dilakukam secara merata di seluruh Indonesia. MP3EI mencakupi berbagai aspek ekonomi, diantaranya adalah perindustrian.  Agar rencana ini dapat terlaksana dengan baik maka ketersediaan energi harus stabil dan mencukupi.

Berdasarkan data yang dilansir oleh Kemenperin pada Facts & Figures Industry 2015 kebutuhan energi listrik di 2015 akan mencapai 76.187 GWh, energy Gas sebesar 505.141 Milyar MBTu dan kebutuhan energi batu bara sebesar 35.238 ribu ton. Kondisi ini diduga akan terus meningkat per tahunnya sehingga pemerintah harus siap untuk menyediakan infrastruktur energi yang baru.
Data Industry Facts & Figures 2015, Kemenperin

Secara umum berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam outlook energy 2015, dinyatakan bahwa pada tahun 2013 konsumsi energi terbesar berasal dari sektor industri sebesar (37,1%) diikuti oleh sektor rumah tangga (29,43%), transportasi (28,10%), komersial (3,24%), dan lainnya  (2,04%). Pertumbuhan konsumsi energi dari sektor industri dalam kurun waktu 2000 – 2013 sebesar 3,35%.

Secara mikro, bagi pelaku industri ketidaktersediaan atau ketidakstabilan dari supply energy akan mempengaruhi proses produksi yang dilakukan di sebuah industri. Pelaku industri besar dapat menderita kerugian hingga milyaran bahkan triliunan rupiah dari gagal produksi. Hal ini membuat pasokan energi stabil menjadi hal yang penting bagi para pelaku industri di Indonesia.

Salah satu jalan keluar untuk memperoleh ketersediaan energi yang stabil adalah memilih kawasan yang mampu menyuplai energi dalam jumlah besar. Salah satu kawasan industri yang mampu menyuplai dan mendapatkan jaminan energi listrik dari Perusahaan Listrik Negara adalah Kawasan Industri Modern Cikande. Kawasan Industri Modern Cikande terletak di Cikande, Banten merupakan salah satu kawasan yang memiliki supply energy hingga lebih dari 300 MWA dan saat ini Kawasan Industri Modern Cikande memiliki sekitar 242 tenant yang tersuplai ketersediaan energinya dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar