Senin, 14 Maret 2016

Pentingnya Lokasi Bagi Kegiatan Usaha Dikawasan Industri


Akses merupakan faktor terpenting dalam kegiatan berbisnis dalam berbagai terapan ilmu manajemen seperti rantai pasok dan logistik. Kemudahan akses dalam proses berbisnis akan mempengaruhi proses rantai pasok, logistik dan transportasi. Kemudahan akses ditentukan oleh lokasi dimana kegiatan produksi dan kegiatan usaha terjadi sehingga ketersediaan infrastruktur dan fasilitas pendukung kegiatan transportasi di lokasi tersebut perlu diperhatikan oleh para pelaku investasi.
Hal hal yang akan dipengaruhi oleh lokasi dan ketersediaan infrastruktur pendukung pada kegiatan logistik dan transportasi adalah
  1. Ketepatan waktu pada waktu pengiriman
Pada proses rantai pasokan dan logistik ketepatan waktu akan mempengaruhi segala aspek yang berhubungan dengan proses. Selain terkait sistem dan proses rantai pasokan, keterlambatan juga akan mempengaruhi kredibilitas yang dibangun oleh perusahaan jika perusahaan tersebut menekankan ketepatan waktu pengiriman. Jika terkait dengan proses produksi bahan baku, keterlambatan akan menjadi kerugian besar karena akan mempengaruhi berbagai macam biaya.

  1. Biaya bahan bakar
Lokasi yang ada tentu saja akan menentukan jarak tempuh yang ada saat pengiriman barang atau jasa. Jarak tempuh menentukan jumlah biaya bahan bakar yang terhitung dari jumlah konsumsi bahan bakar yang akan dikonsumsi selama proses transportasi terjadi. Semakin dekat pabrik dengan lokasi atau tujuan transportasi, maka semakin sedikit biaya yang dikeluarkan dalam proses transportasi.

  1. Ketersediaan Barang
Lokasi yang strategis mempengaruhi kecepatan dari ketersediaan barang atau sumber daya dalam proses produksi. Dengan adanya ketersediaan sumber daya yang just in time pada proses produksi, maka efisiensi dalam proses produksi dapat tercapai dan dapat meminimalisir waktu yang terbuang dari proses transportasi.

  1. Biaya Penyimpanan
Jika barang yang ada memerlukan proses stock atau penimbunan. Lokasi yang strategis dapat mengurangi waktu penyimpanan karena lancarnya proses produksi dan pendeknya waktu tempuh yang terjadi dalam kegiatan produksi. Pada perusahaan yang melakukan sistem sewa untuk stock atau storage lokasi yang tepat sangat mempengaruhi cost yang dikeluarkan oleh perusahaan.

  1. Menciptakan efisiensi dan meningkatkan profit
Effisiensi akan mempengaruhi waktu dan perhitungan berapa lama produksi berlangsung dan biaya-biaya yang terkait dengan waktu. Hal ini membuat fakto waktu menjadi faktor hal yang paling mempengaruhi dan memberikan dampak pada kegiatan produksi. Waktu yang ada pada memberikan dampak pada
Untuk itulah dalam memilih kawasan industri atau tempat berinvestasi untuk kegiatan produksi maupun bisnis akses transportasi dan ketersediaan fasilitas pendukung transportasi sangat perlu untuk menjadi sebuah pertimbangan dalam melakukan efisiensi biaya dan tentu saja memaksimalkan profit yang dimiliki oleh perusahaan. Kawasan Industri Modern Cikande menjadi salah satu pilihan karena Kawasan Industri Modern Cikande berada pada lokasi strategis yang didukung oleh fasilitas seperti jalan tol Cikande yang saat ini sedang manjadi perhatian pemerintah dalam menghubungkan Kawasan Industri Modern Cikande dengan pelabuhan dan bandara strategis di Indonesia dan Jawa.
Kawasan Industri Modern Cikande memiliki jarak tempuh yang memiliki jarak sekitar 50 km dari Ciwadan dan Cigading Seaport, 68 km dari Jakarta, 75 km dari pelabuhan Tanjung Priok dan 50 km dari bandara internasional Soekarno Hatta. Dengan jarak tempuh yang tidak jauh dengan fasilitas transportasi nasional dan internasional, keberadaan dari Kawasan Industri Modern Cikande dapat mensupport kegiatan usaha dengan lebih baik dari segi akses. Kawasan Industri Modern Cikande dapat pula menjadi solusi untuk perusahaan yang memerlukan lokasi dalam pengembangan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar