Senin, 02 Mei 2016

Fokus Pembangunan Infrastruktur Serang


Fokus pembangunan infrastruktur pemerintah di periode masa pemerintahan Jokowi dieksekusi hingga tingkatan kabupaten. Salah satu kabupaten yang harus membangun adalah kabupaten Serang. Kabupaten Serang terletak di provinsi Banten. Seperti yang dikutip dalam halaman resmi pemerintahan Kabupaten Serang, Kabupaten Serang terletak di ujung Pulau Jawa bagian barat, adalah salah satu Kabupaten dari 4 Kabupaten dan 3 Kota di wilayah Provinsi Banten yaitu Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang, Kota Tangsel.

Serang saat ini mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat untuk menjadi bagian dari percepatan infrastruktur.K abupaten Serang pada tahun 2014 melalui Dinas Pekerjaan Umum menganggarkan dana Rp. 135 Miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan pada APBD murni 2014. Nilai anggaran  untuk pembangunan infrastruktur tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat dari anggaran tahun sebelumnya.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Hatib Nawawi menjelaskan bahwa alokasi anggaran sebesar Rp. 135 Miliar tersebut terbagi untuk pembangunan jalan Rp. 77 Miliar dan Jembatan Rp. 58 Miliar.
Hatib menjelaskan, anggaran Rp. 77 Miliar akan digunakan untuk pembangunan 60 paket ruas jalan, yakni ruas jalan Kabupaten Serang sebanyak 28 paket dengan nilai Rp. 48,5 Miliar dan ruas jalan desa sebanyak 32 paket dengan nilai Rp. 14,5 Miliar. Sedangkan pembangunan jembatan dialokasikan Rp. 58 Miliar untuk 8 paket.

Menurut Hatib, alokasi anggaran pembangunan jalan dan jembatan tahun ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya Rp. 66,1 Miliar untuk membiayai 96 paket pembangunan jalan dan jembatan. Terdiri dari jalan Kabupaten 22 paket senilai Rp. 41,57 Miliar, jalan desa 58 paket senilai Rp. 27,13 Miliar dan jembatan 16 paket senilai Rp. 7,39 Miliar.
Meskipun dari segi nilai anggaran lebih besar, lanjut Hatib dari jumlah paketnya lebih sedikit. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas jalan, sebab jalan yang akan dibangun berkonstruksi beton (rabat beton) yang biayanya lebih mahal dari jalan biasa.

Pembangunan infrastruktur di Serang tentu saja akan mempengaruhi salah satu kawasan industri yang berada di kabupaten serang yaitu Kawasan Industri Modern Cikande. Tentu saja, kawasan industri ini akan memperoleh dampak ekonomi yang besar karena tertolong pembangunan infrastruktur yang berlangsung. Kawasan Industri Cikande akan bertambah nilai strategisnya akibat pembangun infrastruktur yang berlangsung di kabupaten Cikande

Tidak ada komentar:

Posting Komentar